Kamis, 09 Oktober 2014

MATEMATIKA

Tidak ada komentar :
A. Latar Belakang Masalaah 

Ditengah perkembangan ilmu pengetahuan saat ini dan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kita lupa akan sejarah,seperti sejarah dari ilmu-ilmu dasar kita tersebut.seperti hal nya pelajaran Matematika ini.Atau bahkan mungkin selama bertahun-tahun kita mempelajari pelajaran matematika yang sangat banyak cabang dan sub bab nya tapi kita sendiri tidak tahu manfaatnya.Matematika sebagai pelajaran yang sangat menunjang untuk hitung-hitungan membuat para programer harus mempelajari matematika.Karena dalam membuat program terdapat hal yang sama seperti matematika seperti hitungan untuk menjalankan sebuah program. Oleh karena itu,dibuatlah makalah untuk menjelaskan tentang matematika.semoga dapat berguna dan dapat menjadi sumber referensi untuk anda semua.


B. Rumusan Masalaah
1. Apa manfaat matematika secara umum
2. Adakah kaitan sistem Informasi dengan Matematika
3. Apa bedanya Matematika dengan statistika
4. Pendapat Pro Kontra tentang Matematika

C. Tujuan Makalah
1. Mengetahui apa-apa saja tentang Matematika
2. Menjelaskan apa kaitan Matematika dengan Sistem Informasi

A. MANFAAT MATEMATIKA SECARA UMUM


Matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.

cara beberapa manfaat yang kamu dapet jika belajar matematika :
1. berpikir matematika itu sistematis, melalui urutan-urutan yang teratur dan tertentu. dengan belajar matematika, otak kita terbiasa untuk memecahkan masalah secara sistematis. Sehingga bila diterapkan dalam kehidupan nyata, kita bisa menyelesaikan setiap masalah dengan lebih mudah

2. cara berpikir matematika itu secara deduktif. Kesimpulan di tarik dari hal-hal yang bersifat umum. bukan dari hal-hal yang bersifat khusus. sehingga kita menjadi terhindar dengan cara berpikir menarik kesimpulan secara “kebetulan”. Misalnya kita tidak bisa menyatakan kalo “kita tidak boleh lewat jalan A pada hari sabtu, karena jalan tersebut meminta tumbal tiap hari sabtu” hanya karena ada beberapa orang yang kebetulan kecelakaan dan meninggal di jalan tersebut pada hari sabtu. Kita seharusnya berpikit bahwa orang yang meninggal di jalan tersebut pada hari sabtu bukan karena tumbal. tapi harus dianalisa lagi apakah karena orang tersebut tidak hati-hati, ataukah jalan yang sudaha agak rusak, atau sebab lain yang lebih rasional.

3. belajar matematika melatih kita menjadi manusia yang lebih teliti, cermat, dan tidak ceroboh dalam bertindak. Bukankah begitu? coba saja. masih ingatkah teman-teman saat mengerjakan soal-soal matematika? kita harus memperhatikan benar-benar berapa angkanya, berapa digit nol dibelakang koma, bagaimana grafiknya, bagaimana dengan titik potongnya dan lain sebaganya. jika kita tidak cermat dalam memasukkan angka, melihat grafik atau melakukan perhitungan, tentunya bisa menyebabkan akibat yang fatal. jawaban soal yang kita peroleh menjadi salah dan kadang berbeda jauh dengan jawaban yang sebenarnya.

4. belajar matematika juga mengajarkan kita menjadi orang yang sabar dalam menghadapi semua hal dalam hidup ini. saat kita mengerjakan soal dalam matematika yang penyelesaiannya sangat panjang dan rumit, tentu kita harus bersabar dan tidak cepat putus asa. jika ada lamgkah yang salah, coba untuk diteliti lagi dari awal. jangan-jangan ada angka yang salah, jangan-jangan ada perhitungan yang salah. namun, jika kemudian kita bisa mengerjakan soal tersebut, ingatkah bagaimana rasanya? rasa puas dan bangga.( tentunya jika dikerjakan sendiri, buakn hasil contekan,. he.he.he). begitulah hidup. kesabaran akan berbuah hasil yang teramat manis.

5. yang tidak kalah pentingnya, sebenarnya banyak koq penerapan matematika dalam kehidupan nyata. tentunya dalam dunia ini, menghitung uang, laba dan rugi, masalah pemasaran barang, dalam teknik, bahkan hampir semua ilmu di dunia ini pasti menyentuh yang namanya matematika.



B. Kaitan system informasi dengan matematika
Banyak sekali hubungan diantara matematika dengan sistem informasi. Matematika dikenal sebagai ilmu dasar. Pelajaran matematika melatih kemampuan untuk berpikir logis dan sistematis. Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak/software ataupun perangkat keras/hardware. Perkembangan teknologi tidak jauh dari peran matematika. Contohnya dengan perkembangan teknologi di luar angkasa sana yang sangat maju, karena kemajuan di bindang ilmu fisika. Kemajuan di bidang fisika juga tidak akan tercapai tanpa ilmu matematika. Banyak sekali hubungan diantara matematika dengan komputer. Matematika juga mengajarkan untuk berpikir kritis, bagaimana agar teknologi itu terus berkembang sejalan dengan berkembangnya matematika. Perkembangan peradapan matematika telah banyak mengeluarkan pemikiran dan ide-ide kearah pelaksanaan peralatan modern, seperti komputer dan sistem komunikasi. Pengolahan angka-angka dalam matematika membentuk sebuah rumus pemrograman yang digunakan dalam pengembangan ilmu komputer. Pembuatan senbuah software itu harus efisien dalam perhitungan matematika. Beberapa contoh hubungan antara matematika adalah pengembangan memori. Memori menyimpan berbagai macam informasi dalam bentuk angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan dengan sejumlah cara yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Penggunaan logika matematika sebagai dasar pemrograman, struktur data, sistem digital, basis data, teori komputasi,dll. Fungsi logika digunakan dalam microsoft excel. Alogaritma juga merupakan sesuatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komptuer serta menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Java, Pascal, Visual Basic, dan masih banyak yang lainnya. Penggunaan alogaritma juga untuk menghemat ukuran file serta dalam pemrograman komputer. Dalam matematika dan komputasi, algoritma itu merupakan kumpulan dari perintah-perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Alogaritma juga merupakan sesuatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komptuer serta menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Java, Pascal, Visual Basic, dan masih banyak yang lainnya. Penggunaan alogaritma juga untuk menghemat ukuran file serta dalam pemrograman komputer. Dalam matematika dan komputasi, algoritma itu merupakan kumpulan dari perintah-perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada syarat kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah. Peran Kalkulus dalam Ilmu Komputer juga digunakan untuk bagaimana cara mencari bilangan biner, sementara komputer membaca data dalam bentuk bilangan biner.

C.Perbedaan matematika dan statistika
Pembelajaran statistika di SMA tidak bisa dilepaskan dari induk mata pelajarannya yaitu matematika. Matematika memberikan ruang lingkup kajian materi yang beragam diantaranya adalah statistika. Pada di
Pertama, statistika lebih menekankan kepada penalaran induktif sedangkan matematika cenderung menggunakan penalaran deduktif. Matematika dikatakan deduktif karena beranjak dari aksioma dan teorema sehingga memunculkan penalaran-penalaran, model-model dan bukti baru berdasarkan aksioma dan teorema yang telah ada sebelumnya. Statistika, dengan situasi yang sama dan data yang sama pula bisa memberikan cara menganalisis yang berbeda dan memunculkan kesimpulan yang berbeda pula. Hal itu membutuhkan penalaran induktif, bekerja dengan randomisasi/pengacakan, pengambilan kesimpulan yang sesuai dan menginterpretasi hasil yang didapat.
Kedua, matematika menyajikan abstraksi sedangkan statistika memberikan wawasan dengan penginterpretasikan situasi nyata. Matematika merupakan ilmu yang abstrak, pada awalnya mungkin terkesan nyata tetapi pada akhirnya matematika akan cenderung abstrak. Sedangkan statistika lebih cenderung ke kejadian nyata seperti untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang bekerja dan merasa puas dengan pekerjaannya, mengetahui jumlah prosentasi ikan yang ada di lautan, kita tidak bisa menggunakan perhitungan yang tepat karena kita hanya bisa mengkira-kirakan/menginterpretasikan dari contoh kecil yang didapat/diambil.
Ketiga, matematika dan statistika berbeda dalam penggunaan bilangan. Matematika melihat bilangan sebagai bagian dari operasi, generalisasi, dan abstraksi sedangkan statistika memandang bilangan yang dihubungkan dengan situasi nyata, sehingga penting dalam pembuatan pemodelan dan mengambilan penalaran serta keputusan.

DAFTAR PUSTAKA


   yunita2013.wordpress.com/2013/03/29/141/

2   louisalx.blogspot.com/2013/09/hubungan-antara-matematika-dengan-ilmu.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar